• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Hasil Pratikum: Indera Pendengaran [IPA SD]

 on Jumat, 06 Juni 2014  


LEMBAR KERJA
PRAKTIKUM IPA DASAR DI SD
GETAR DAN BUNYI
 

KEGIATAN PRAKTIKUM

  1. Judul Percobaan         :  Kepekaan  Indra Pendengaran Manusia

2.      Tujuan             :  Untuk mengetahui kepekaan indera pendengar seseorang


3.    Alat dan Bahan           :
§  2 Sendok makan
§  2 mangkok
§  Sapu tangan dan kapas

4.      Cara Kerja                 :

a.    Tutuplah matamu dengan sapu tangan
b.    Kedua teman yang lain masing masing memegang sendok dan mangkok
c.    Tentukan jarak antara teman yang ditutup matanya dengan Anda yang memegang sendok dan mangkok
d.    Setelah siap, Anda yang ditutup matanya memberi aba aba agar teman yang memegang sendok mengentukkan sendok pada mangkok secara bergantian, dapatkah Anda mendengar bunyi yang dihasilkan?dan memperkirakan jaraknya.
e.    Kemudian sumbatlah telingan kanan dan kiri secara bergantian dengan kapas, dapatkan mendengar dengan jelas dan telinga mana dapat mendengar lebih baik?Teori Dasar                :
Indera pendengar manusia adalah telinga, selain sebagai indera pendengar telinga berfungsi sebagai alat keseimbangan. Telinga manusia terdiri dari tiga bagian, yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah, dan telinga bagian dalam.
Telinga manusia adalah detector atau pengenal bunyi yang sangat peka,    mampu mendengar bunyi dalam selang intensitas yang sangat lebar. Telinga manusia dapat mendengar bunyi mulai dari intensitas 10  Wm  sampai 1 Wm atau dalam rentang 10  Wm  . Kita harus menjaga telinga dengan baik dan menghindarkan untuk mendengar bunyi berintensitas tinggi dalam jangka waktu yang lama. Intensitas bunyi di bawah 10  Wm tidak terddengar sedang di atas 1 Wm  akan terasa sakit di telinga. Intensitas bunyi terkecil yang masih dapat didengar oleh manusia yaitu 10  Wm dinamakan intensitas ambang pendengaran. Intensitas bunyi terbesar yang masih dapat didengar oleh telinga manusia tanpa rasa sakit  adalah 1 Wm  dinamakan intensitas ambang perasaan.
6.           Pengamatan Data
Table pengamatan
No.
Jarak
Telinga sebelum ditutup
Telinga setelah ditutup
Ket
Telinga kiri
Telinga kanan
1
1 m
Terdengar
Terdengar
Terdengar

2
2 m
Terdengar
Terdengar
Terdengar

3
4 m
Terdengar
Terdengar
Terdengar

4
6 m
Terdengar
Terdengar
Terdengar

5
8 m
Terdengar
Terdengar
Terdengar agak pelan

6
10 m
Terdengar
Terdengar
 Kurang Terdengar

7
50 m
 Kurang Terdengar
Samar Terdengar
Tidak Terdengar

8
100 m
 Tidak Terdengar
Tidak Terdengar
 Tidak Terdengar


7.      Pembahasan               :
Dari percobaan di atas dapat dinyatakan bahwa dengan mata tertutup, kita masih dapat mendengar bunyi dengan jelas pada jarak 1 meter, 4 meter, bahkan sampai 10 meter karena bunyi merambat melalui udara. Begitu pula jika salah satu telinga kita ditutup dengan kapas maka bunyi/suara masih bisa terdengar meskipun tidak sejelas apabila kedua mata ditutup dengan sapu tangan. Untuk telinga kanan jika telinga kapas yang ditutup dengan kapas, suara/bunyi masih dapat terdengar dengan jelas/lebih baik dari kejauhan dibandingkan jika telinga kiri yang dibuka dan telinga kanan ditutup dengan kapas, bunyi yang dihasilkan dari kejauhan terdengar samar-samar.

8.      Kesimpulan                :
Telinga manusia merupakan detector yang sangat peka. Telinga manusia dapat mendengar bunyi mulai dari intensitas 10 Wm sampai 1 Wm . Intensitas bunyi di bawah 10 Wm tidak terdengar jelas sedangkan di atas 1 Wm akan terasa sakit di telinga.



Hasil Pratikum: Indera Pendengaran [IPA SD] 4.5 5 aaaaa Jumat, 06 Juni 2014 LEMBAR KERJA PRAKTIKUM IPA DASAR DI SD GETAR DAN BUNYI   KEGIATAN PRAKTIKUM Judul Percobaan         :  Kepekaan  Indra Pendengaran ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Product :
J-Theme