• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Analisis Tata Bahasa Indonesia

 on Jumat, 06 Juni 2014  

Kali ini saya postingkan, contoh analisis tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Salah atau tidak ini adalah bagian dari proses saya.. berikut contoh analisisnya.


Analisis Kaidah/Tata Bahasa Indonesia Pada Iklan Tolak Angin
Oleh :
Elmi Hanjar Bait (1305208 / kelas B PGSD)
Data:

            Berikut ini, seperti terlihat pada gambar merupakan kemasan dari produk obat PT. sido muncul yaitu tolak angin. Lazimnya produk-produk lainnya, kemasan tolak angin memiliki rancangan kemasan dan pengiklanan yang menarik. Jika kita lihat pada gambar, secara kasat mata terlihat tidak ada yang keliru dengan rancangan kemasan ini. Tetapi jika kita analisa rancangan kemasan tersebut merujuk pada kaidah tata bahasa Indonesia yang baik dan benar, terdapat beberapa kekeliruan.
Analisis:
            Pada kemasan tersebut, terdapat kalimat “Orang pintar minum TOLAK ANGIN”. Dilihat dari segi penulisannya, terjadi kekeliruan pada penulisan nama produk tersebut yaitu ditulis TOLAK ANGIN. Jika merujuk pada kaidah penggunaan huruf kapital dalam Pedoman umum EYD, tentu tidak terdapat aturan penulisan seperti itu. Seharusnya penulisan nama produk tersebut tidak ada yang menggunakan huruf kapital.
            Dilihat dari segi pemaknaannya, terjadi ambiguitas bahasa pada kalimat “Orang pintar minum tolak angin”. Kalimat tersebut kemungkinan akan menimbulkan dua makna, yaitu:
1.   Orang pintar minum tolak angin maksudnya semua orang bisa minum tolak angin karena mudah mengkonsumsinya, rasa dan bentuk obatnya mungkin berbeda dengan obat-obat lainnya yang biasanya berbentuk tablet dan rasanya pahit.
2.    Orang pintar minum tolak angin maksudnya orang yang minum tolak angin adalah orang pintar atau dengan kata lain orang yang minum obat selain tolak angin adalah orang bodoh.






Analisis Tata Bahasa Indonesia 4.5 5 aaaaa Jumat, 06 Juni 2014 Kali ini saya postingkan, contoh analisis tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Salah atau tidak ini adalah bagian dari proses saya.. b...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Product :
J-Theme