• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Book Report Pendidikan Karakter

 on Jumat, 06 Juni 2014  


Laporan Buku (Book Report)
Oleh : Elmi Hanjar Bait (1305208)
Mahasiswa Progam S1 PGSD UPI  Kampus Serang
A.      Pendahuluan


1.    Identitas Buku
a.    Judul Buku             : Pendidikan Karakter
     Kajian Teori dan Praktik di Sekolah
b.    Pengarang               : Drs. Dharma Kesuma, M.Pd, dkk.
c.    Penerbit                  : PT. Remaja Rosdakarya
d.   Tahun Terbit           : cetakan ketiga, Juni 2012
e.    Tebal Buku             : 160 halaman dan 2 halaman muka

2.    Pengantar
Buku Pendidikan Karakter (Kajian Teori dan Praktik di Sekolah) karangan tim penulis: Drs. Dharma Kesuma, M.Pd., Cepi Triatna, M.Pd., dan Dr. H. Johar Permana, MA., ini terdiri atas 4 (empat) bab pembahasan yang menjelaskan tentang kajian teori dan praktik studi pendidikan karakter di sekolah. Tim penulis menjelaskan secara rinci mengenai rancangan kajian teori dan praktik desain, proses, dan evaluasi pendidikan karakter latar sekolah. Tim penulis mencoba mengajak seluruh civitas pendidikan pembuat kebijakan-kebijakan mengenai pendidikan untuk mencermati permasalahan pendidikan di Indonesia. Melihat hasil kajian tim penulis menunjukan bahwa belum adanya kesinergian antara teori dan praktik di dunia praktik pendidikan Indonesia, khususnya pada pendidikan formal pada latar sekolah.
Tim penulis juga menuturkan latar belakang kondisi bangsa Indonesia yang dicirikan oleh krisis multidimensi dan keterpurukan dalam berbagai dimensi sementara sumber daya potensial bangsa yang melimpah, tetapi kondisi yang dirasakan masyarakat masih jauh dari tercapainya kemakmuran, kesejahteraan dan keadilan dari kehidupan masyarakat Indonesia hingga kini. Perihal akan komplektifitas masalah bangsa ini, tim penulis bermaksud mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam pemecahan masalah yang dihadapi bangsa Indonesia.

B.       Intisari Bacaan
Pada bab 1, buku ini diawali dengan kajian untuk memahami pendidikan karakter yang mengkaji secara khusus mengapa pendidikan karakter perlu untuk membangun dan mengeluarkan bangsa ini dari krisis multidimensi. Terdapat berbagai pengalaman yang menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang unik. Keunikan tersebut merujuk pada kondisi yang dialami bangsa sampai saat ini. Ada beberapa indikasi tentang perihal “apa yang salah dengan bangsa Indonesia?”, diantaranya:
1.         Kondisi moral/akhlak generasi muda yang rusak/hancur.
2.         Pengangguran terdidik yang mengkhawatirkan.
3.         Rusaknya moral bangsa dan menjadi akut (KKN, kriminalitas dan lain sebagainya).
4.         Bencana yang sering/terus berulang dialami bangsa Indonesia.
5.         Tingkat kemiskinan tinggi dan terus bertambah.
6.         Daya kompetitif sumber daya bangsa yang rendah.
7.         Inefiesiensi pembiayaan pendidikan.
Fenomena nyata sebagaimana tergambar dalam data-data tersebut menunjukkan bahwa “sungguh unik bangsa ini”. Pandangan tentang keunikan ini mengarahkan bangsa kita untuk menelaah dan memecahkan permasalahan untu membangun bangsa dimasa depan yang lebih baik, karena pada hakikatnya Negara Indonesia terbentuk berdasarkan cita-cita luhur bangsa Indonesia.
Bagian selanjutnya, bab ini menegaskan mengenai makna pendidikan karakter, tujuan pendidikan karakter itu sendiri. Dalam perjalannya, istilah pendidikan karakter semakin mendapatkan pengakuan dari masyarakat, namun istilah pendidikan karakter masih jarang didefinisikan oleh banyak kalangan dan bahkan banyak terjadi salah tafsir tentang makna pendidikan karakter. Ada beberapa kalangan mendefinisikan tentang pendidikan karakter, seperti berikut. Selengkapnya silahkan download file.

[Download File Lengkap (.pdf)]
pasword .rar : ehb-blog

Book Report Pendidikan Karakter 4.5 5 aaaaa Jumat, 06 Juni 2014 Laporan Buku (Book Report) Oleh : Elmi Hanjar Bait (1305208) Mahasiswa Progam S1 PGSD UPI  Kampus Serang A.       Pendahuluan 1.     Identit...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Product :
J-Theme