• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Hasil Pratikum: Makhluk Hidup dan Lingkungannya [IPA SD]

 on Jumat, 06 Juni 2014  


LEMBAR KERJA
PRAKTIKUM IPA DASAR DI SD
MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA
 

KEGIATAN PRAKTIKUM

1.       Judul Percobaan      :   Ekosistem Darat

2.      Tujuan                       :  
Membandingkan komponen-komponen yang terdapat pada ekosistem darat alami dan buatan.

3.      Alat dan Bahan         :          
1.    Seperangkat alat tulis
2.    Loup/kaca pembesar
3.    Barometer
4.    Lingkungan sekitar

4.      Teori Dasar                :  
Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.
(http://id.wikipedia.org/wiki/Ekosistem)

Ekosistem darat ialah ekosistem yang lingkungan fisiknya berupa daratan. Berdasarkan letak geografisnya (garis lintangnya), ekosistem darat dibedakanmenjadi beberapa bioma, yaitu sebagai berikut:

Bioma gurun
Beberapa Bioma gurun terdapat di daerah tropika (sepanjang garis balik) yangberbatasan dengan padang rumput. Ciri-ciri bioma gurun adalah gersang dan curahhujan rendah (25 cm/tahun). Suhu slang hari tinggi (bisa mendapai 45°C) sehinggapenguapan juga tinggi, sedangkan malam hari suhu sangat rendah (bisa mencapai0°C). Perbedaan suhu antara siang dan malam sangat besar. Tumbuhan semusimyang terdapat di gurun berukuran kecil. Selain itu, di gurun dijumpai pula tumbuhanmenahun berdaun seperti duri contohnya kaktus, atau tak berdaun dan memilikiakar panjang serta mempunyai jaringan untuk menyimpan air. Hewan yang hidup digurun antara lain rodentia, ular, kadal, katak, dan kalajengking.

Bioma padang rumput
Bioma ini terdapat di daerah yang terbentang dari daerah tropik ke subtropik. Ciri-cirinya adalah curah hujan kurang lebih 25-30 cm per tahun dan hujan turun tidakteratur. Porositas (peresapan air) tinggi dan drainase (aliran air) cepat. Tumbuhanyang ada terdiri atas tumbuhan terna (herbs) dan rumput yang keduanya tergantungpada kelembapan. Hewannya antara lain: bison, zebra, singa, anjing liar, serigala,gajah, jerapah, kangguru, serangga, tikus dan ular.

Bioma Hutan Basah
Bioma Hutan Basah terdapat di daerah tropika dan subtropik.Ciri-cirinya adalah, curah hujan 200-225 cm per tahun. Species pepohonan relatif banyak, jenisnya berbeda antara satu dengan yang lainnya tergantung letakgeografisnya. Tinggi pohon utama antara 20-40 m, cabang-cabang pohon tinngi danberdaun lebat hingga membentuk tudung (kanopi). Dalam hutan basah terjadiperubahan iklim mikro (iklim yang langsung terdapat di sekitar organisme). Daerahtudung cukup mendapat sinar matahari. Variasi suhu dan kelembapan tinggi/besar.
suhu sepanjang hari sekitar 25°C. Dalam hutan basah tropika sering terdapattumbuhan khas, yaitu liana (rotan), kaktus, dan anggrek sebagai epifit. Hewannyaantara lain, kera, burung, badak, babi hutan, harimau, dan burung hantu.

Bioma hutan gugur
Bioma hutan gugur terdapat di daerah beriklim sedang,Ciri-cirinya adalah curah hujan merata sepanjang tahun. Terdapat di daerah yangmengalami empat musim (dingin, semi, panas, dan gugur). Jenis pohon sedikit (10s/d 20) dan tidak terlalu rapat. Hewannya antara lain rusa, beruang, rubah, bajing,burung pelatuk, dan rakoon (sebangsa luwak).

Bioma taiga
Bioma taiga terdapat di belahan bumi sebelah utara dan di pegunungan daerahtropik. Ciri-cirinya adalah suhu di musim dingin rendah. Biasanya taiga merupakanhutan yang tersusun atas satu spesies seperti konifer, pinus, dap sejenisnya. Semakdan tumbuhan basah sedikit sekali. Hewannya antara lain moose, beruang hitam,ajag, dan burung-burung yang bermigrasi ke selatan pada musim gugur.Bioma TundaBioma tundra terdapat di belahan bumi sebelah utara di dalam lingkaran kutub utaradan terdapat di puncak-puncak gunung tinggi. Pertumbuhan tanaman di daerah inihanya 60 hari. Contoh tumbuhan yang dominan adalah Sphagnum, liken, tumbuhanbiji semusim, tumbuhan kayu yang pendek, dan rumput. Pada umumnya,tumbuhannya mampu beradaptasi dengan keadaan yang dingin.Hewan yang hidup di daerah ini ada yang menetap dan ada yang datang padamusim panas, semuanya berdarah panas. Hewan yang menetap memiliki rambutatau bulu yang tebal, contohnya muscox, rusa kutub, beruang kutub, dan insektaterutama nyamuk dan lalat hitam
(http://www.scribd.com/doc/42624963/Ekosistem-darat)



5.      Cara Kerja                :
1.    Tentukan ekosistem darat alami di sekitar tempat tinggal atau sekolah tempat anda mengajar yang akan kita amati komponen-komponennya.
2.    Setelah anda temukan tempatnya, kemudian amati komponen-komponen abiotiknya meliputi suhu udara, pencahayaan, angin, jenis/warna tanah.
3.    Untuk mengetahui suhu udara gunakan barometer, sementara untuk mengetahui keadaan pencahayaan, angin, atau tanah anda dapat memperbaikiknya saja.
4.    Catat semua dapat pada lembar kerja
5.    Setelah mengamati komponen abiotik, perhatikan pula komponen biotiknya. Catatlah semua makhluk hidup yang ada di ekosistem tersebut.
6.    Catatlah jenis tumbuhan sebagai produsen yang ada.
7.    Catatlah semua jenis hewan sebagai konsumen yang anda temui di ekosistem tersebut, baik yang tetap maupun yang hanya singgah (hewan terbang)
8.    Amati lebih teliti hewan-hewan kecil yang mungkin terdapat di dalam tanah/dekat  permukaan, atau pada sela-sela daun/batang. Gunakan kaca pembesar jika perlu.
9.    Semua data dicatat pada table yang ada di lembar kerja.
10.      Sebagai pembanding, tentukan suatu ekosistem darat buatan yang ada di sekitar tempat tinggal atau sekolah tempat mengajar anda.

6.      Data Pengamatan      :
           
Komponen Abiotik Ekosistem Darat Alami

No.

Komponen Abiotik

Kondisi/ keadaan
1
Batu
Berlumut
2
Cahaya
Terang, cerah
3
Air
Kotor/tdk jernih
4
Kertas
Hancur
5
Tanah
Kering



Komponen Biotik Ekosistem Darat Alami

No.

Jenis Tumbuhan

Jenis Hewan

Pengurai
1
Pohon jambu
Ulat bulu
Cacing
2
Pohon mangga
Semut rangrang
Cacing
3
Rumput teki
Semut
Cacing
4
Rumput
Semut
Mikroba
5
Benalu
Burung
Mikroba


Komponen Abiotik Ekosistem Darat Buatan

No.

Komponen Abiotik

Kondisi/ keadaan
1
Pasir
Kering
2
Batu-batuan
Berlumut
3
Plastik
Kering
4
Kayu
Lapuk
5
Besi
Berkarat




Komponen Abiotik Ekosistem Darat Buatan

No.

Jenis Tumbuhan

Jenis Hewan

Pengurai
1
Mawar
Kupu-kupu
Cacing
2
Melati
Kupu-kupu
Cacing
3
Rumput jepang
Belalang
Cacing
4
Rumput gajah
Lebah
Cacing
5
Pakis
Cengcorang
Cacing

7.      Pembahasan :

Berdasarkan praktikum yang telah dilakukan maka dapat kita ketahui bahwa mahkluk hidup sebagian besar berada di darat secara alami hidupnya. Tingkat organisasi makhluk hidup sesuai dengan tujuan ekologi dimulai dari unit yang paling kecil adalah individu yaitu makhluk tunggal suatu organism, namun tidak ada makhluk hidup yang dapt hidup sendiri, setiap makhluk hidup tergantung pada makhluk hidup lain dan faktor – faktor abiotikdalam lingkungannya kemudian kumpulan dari individu yang sejenis atau species yang sama disebut populasi, beberapa populasi makhluk hidup dapat menempati habitat yang sama membentuk komunitas , komunitas dengan faktor-faktor abiotiknya membentuk kesatuan yang disebut ekosistem, komponen ekosistem terdiri dari faktor – faktor abiotik, produsen, konsumen , pengurai, dan detritus.

8.      Kesimpulan    :

Mahkluk hidup sebagian besar berada di darat dengan kehidupan secara alami    Hal ini menyebabkan ekosistem darat alami lebih banyak daripada ekosistem darat buatan.
Dari pengamatan pada lingkungan sekitar dapat disimpulkan bahwa peredaan

ekosistem darat alami dengan darat buatan yaitu dengan mengacu pada bentuk terjadinya. Jika pada ekosistem darat alami dalam proses terjadinya tidak ada unsur campur tangan dari makhluk hidup lain yang komponen-komponen didalam ekosistem darat buatan bisa diatur oleh manusia.

9.      Pertanyaan dan Jawaban

1.         Menurut pendapat anda ekosistem manakah yang mempunyai jenis komponen biotik lebih banyak? Mengapa demikian? Jelaskan secara singkat!

Jawab:
    
Banyak jenis komponen yang ada didalam ekosistem, namun ekosistem yang mempunyai komponen biotik dengan jumlah yang banyak adalah kosistem darat alami. Ditinjau dari data yang diperoleh, jumlah yang lebih banyak adalah eosistem darat alami. Hal ini dapat dicontohkan pada kosistem hutan. Hutan mempunyai omponen biotik yang banyak dan hewannya mempunyai berbagai jenis dan bermacam spesies.

Hasil Pratikum: Makhluk Hidup dan Lingkungannya [IPA SD] 4.5 5 aaaaa Jumat, 06 Juni 2014 LEMBAR KERJA PRAKTIKUM IPA DASAR DI SD MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA   KEGIATAN PRAKTIKUM 1.         Judul Percobaan      :   Ekosistem Da...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Product :
J-Theme